Rapat Persiapan Penilaian Adipura 2024: Kolaborasi untuk Mempertahankan Prestasi

AGAM, KOMINFO - Dalam rangka mempersiapkan penilaian Adipura 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 3-4 Februari mendatang, Pemkab Agam laksanakan rapat koordinasi di Ruang Rapat Bupati, Lubuk Basung, Rabu (31/1).

 

Kegiatan rapat tersebut dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan didampingi Kepala DLH serta dihadiri oleh OPD terkait.

 

Kepala DLH, Ir Afniwirman menekankan bahwa mempertahankan prestasi Adipura lebih sulit dibandingkan meraihnya.

 

"Dalam meraih Adipura, kita telah membuktikan kemampuan kita. Namun, mempertahankannya merupakan tugas yang lebih sulit. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk bersatu dan berkolaborasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kita,” ujar Kadis Lingkungan Hidup.

 

Ia juga menyampaikan bahwa menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan setelah memenangkan Adipura membutuhkan kolaborasi dari segala pihak. 

 

"Peran aktif dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sangat krusial untuk menjaga standar yang telah dicapai," jelasnya.

 

Disamping itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Jetson MT dalam arahannya menyampaikan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi pada akhir-akhir ini.

 

"OPD teknis terkait diminta untuk tetap siaga penuh dan memberikan perhatian khusus terhadap potensi pohon tumbang serta penyumbatan saluran air dengan harapan agar tim pembersihan dapat sigap dalam mengatasi kemungkinan kerusakan dan memastikan keamanan lingkungan sekitar," ungkapnya.

 

Senada dengan Kepala DLH, ia juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Agam, terutama di wilayah Lubuk Basung, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. 

 

"Langkah kecil ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam mendukung upaya keseluruhan untuk meraih prestasi dalam penilaian Adipura 2024," tambahnya.

 

Dalam semangat sinergi, seluruh pihak yang terlibat diharapkan dapat bekerja sama secara maksimal. 

 

"Dengan demikian, Kabupaten Agam dapat terus menunjukkan komitmen tinggi terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan, meraih apresiasi sekaligus memelihara prestasi yang telah diraih sebelumnya," tutup Jetson.