MHQ ke-2 Sukses Digelar, Kebanggaan Agam serta Wadah Cemerlang bagi Penghafal Al-Quran

AGAM, KOMINFO - Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) yang kedua yang digelar selama sehari penuh pada Kamis (28/12) di Lubuk Basung sukses digelar.

 

Acara prestisius ini berhasil mengumpulkan para hafiz dan hafizah muda dari berbagai Pondok Tahfiz dan Rumah Tahfiz se Kabupaten Agam.

 

Dengan dipenuhi semangat keagamaan, peserta-peserta dari berbagai usia telah menampilkan keahlian luar biasa mereka dalam menghafal Al-Quran. 

 

Kompetisi yang dilaksanakan dalam beragam kategori hafalan Juz ini memberikan penghargaan bagi mereka yang menunjukkan kefasihan dalam menghafal serta memahami isi Al-Quran.

 

Pemenang gelaran MHQ ke-2 ini antara lain Kategori 3 Juz Putra yang dimenangkan oleh Ziyadiana Fayyadhi dari rumah tahfiz Tabarak Lubuk Basung, sedangkan untuk Kategori 3 Juz Putri dimenangkan oleh Muktima Sintani dari Rumah Tahfiz Daarul Nur Husna Baso.

 

Selanjutnya kategori 5 Juz Putra Juara 1 dan 2 dimenangkan oleh Muhammad Syauqi dari rumah tahfiz Mardhiana Ibrahim Ampek Angkek dan kategori 5 Juz Putri dimenangkan oleh Tanti Anjelin dari PQ Annadhifa Tilatang Kamang.

 

Kemudian untuk kategori 7 Juz Putra yang dimenangkan oleh Fahri Rinaldi dari PQ Nagari Cingkariang Banuhampu dan kategori 7 Jus Putri dimenangkan oleh Nurul Fuada dari Pondok Tahfiz Al Irsyad Bulaan Kamba Banuhampu.

 

Sedangkan untuk Kategori 10 Juz Putra yang dimenangkan oleh Azizi Arman dari PQ Surau Ummi Rakiah IV Koto, dan kategori 10 Juz Putri dimenangkan oleh Nabila Febrina dari RTQ Cahaya Al Quran IV Koto.

 

Dalam penutupan kegiatan, Bupati Agam Dr H Andri Warman MM mengungkapkan apresiasi terhadap hafidz-hafidzah yang berpartisipasi pada MHQ kedua ini.

 

"Apresiasi kepada hafidzh, seluruh panitia yang terlibat, dewan hakim yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, dan stake holder lainnya sehingga MHQ ke dua berjalan dengan sukses dan lancar," ungkap Andri Warman saat menutup kegiatan di Gor Rang Agam, Lubuk Basung, Kamis (28/12) malam.

 

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang dan memberikan motivasi kepada hafidz-hafidzah untuk mencapai prestasi kedepan sehingga di gelaran mendatang menjadi yang terbaik.

 

Bupati melanjutkan, kegiatan ini bukan hanya lomba semata, namun lebih dari itu perlu niatan suci untuk lebih memahami Al Quran.

 

"Lomba ini tidak hanya menjadi wadah untuk memperlihatkan keahlian, tetapi juga sebagai momen penting untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al Quran dan perlu niatan suci untuk memahami substansi dari ayat-ayat suci Al Quran dengan benar dan tepat," tegasnya.

 

Ia berharap dengan perhelatan MHQ antar rumah tahfiz ini dapat meningkatkan marwah Kabupaten Agam ke level yang lebih tinggi lagi.