NAGARI LAWANG NOMINATOR 75 BESAR ADWI 2023

AGAM, KOMINFO - Nagari Lawang Kabupaten Agam masuk nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Program tingkat nasional ketiga yang pertama ini dimulai pada tahun 2021 yang bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis desa usai berolahraga pada pandemi covid-19 beberapa tahun lalu.

 

Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ikut serta memberikan kontribusi terhadap nagari-nagari di Kabupaten Agam agar berpatisipasi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia yang digagas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno itu. 

 

Tidak hanya itu, Disparpora Agam juga melakukan pendampingan terhadap nagari-nagari untuk pengisian kelengkapan data yang dimuat pada laman jadesta.kemenparekraf.go.id sebagai syarat nantinya untuk masuk nominasi ADWI. 

 

Di ajang pertama ADWI tahun 2021, Kabupaten Agam melalui Desa Wisata Sungai Batang pernah masuk ke dalam nominasi 50 besar ADWI. Kemudian berhasil menang dengan peringkat terbaik 5 pada kategori Daya Tarik Wisata. 

 

Sementara itu, pada tahun 2022 Agam yang diwakili oleh Desa Wisata Lawang dan Simarasok hanya mampu lolos pada 300 besar. 

 

Terdapat beberapa tahap seleksi yang harus dilalui menjelang masuk pada nominasi 75 besar besar yakni penyisihan pada babak 500 besar, penyisihan pada babak 300 besar, 75 besar

 

Adapun nantinya yang masuk nominasi 75 besar akan kembali diseleksi berdasarkan 5 kategori penilaian yakni, daya tarik pengunjung, souvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Kelembagaan desa wisata dan CHSE.

 

Kepala Disparpora Kabupaten Agam, Syatria mengucapkan terimakasih kepada seluruh nagari yang ikut berpatisipasi pada ajang ADWI 2023 ini dan mengucapkan selamat kepada Nagari Lawang yang mampu lolos masuk nominasi 75 besar ADWI 2023.

 

"Selamat untuk desa wisata lawang yg masuk 75 besar. Dan yg belum masuk nominasi jangan berkecil hati, jadikan ini evaluasi dan mempersiapkan kelengkapan data untuk dapat kembali mengikuti adwi nanti pada tahun 2024. Terimakasih atas kerjasamanya Desa Wisata (DEWI) Agam yg telah berpartisipasi mengikuti ADWI 2023. Kita berharap, meskipun tidak melalui ajang ini, DEWI Agam tetap meningkatkan eksistensinya dan mengemas DEWI kita di Kabupaten Agam untuk menyambut tahun kunjungan wisatawan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS 2023),” ucap Syatria pada Kamis (23/3).

 

Syatria juga mengatakan untuk saat ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam fokus pada persiapan survey lapangan kunjungan Menparekraf, Sandiaga Uno ke Nagari Lawang dalam rangka penilaian ADWI 2023. 

 

“Hal ini nantinya akan ditindak lanjuti bersama Pemerintah Nagari Lawang bersama dengan Pokdarwis Lawang Manih Sarumpun,” ujarnya.