Pemusatan pendidikan dan pelatihan PASKIBRAKA Kabupaten Agam tahun 2022

AGAM, KOMINFO - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indoneisa ke-77 tahun 2022 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, maka diadakan pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan telah resmi dibuka oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri,SH, di Balairung Rumah Dinas Kamis (4/8).

 

Pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Paskibaraka ini berdasarkan Permenpora RI Nomor 14 tahun 2017 yang diubah dengan nomor 0065 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Paskibraka dan DPA Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Agam Tahun Anggaran 2022.

 

Lebih utama kegiatan ini bertujuan agar terlaksananya penunaian tugas pengibaran dan penurunan Bendera Pusaka oleh Paskibraka secara baik, lancar, aman dan sukses pada tanggal 17 Agustus 2022. Pelatihan akan dilaksanakan selama 16 hari yang sudah dimulai tanggal 3 Agustus 2022 hingga 18 Agustus nanti. 

 

Wakil Bupati berharap para calon Paskibraka dapat mengikuti pelatihan dengan serius sehingga mampu menjadi pengibar bendera pada saat pengibaran di tanggal 17 Agustus 2022 di halaman kantor Bupati Agam.

 

“Kami berharap agar Ananda sekalian dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan dapat menyiapkan mental, fisik serta Kesehatan selama kegiatan berlangsung.” Tuturnya.

 

Lebih lanjut beliau berpesan agar calon Paskibraka tahun 2022 dapat memberikan pengaruh positif dan motivasi bagi siswa/i lain dan lingkungan.

 

Sekretaris Dinas Parpora Kabupaten Agam selaku ketua pelaksana menerangkan peserta pelatihan berjumlah 70 orang yang terdiri dari siswa/i SLTA sederajat, Personil Polres Agam dan personil Kodim 0304/Agam dengan pelatih 6 orang dari personil Polres, Kodim 0304, Salpol PP dan Damkar, Dinas Dukcapil dan dari Purna Paskibraka Kabupaten Agam yang memiliki kompetensi.

 

“Peserta pelatihan terdiri dari 65 orang siswa dan siswi SMA/SMK/MAN, 3 orang dari personil Polres Agam dan 2 orang personil Kodim 0304/Agam dimana 1 orang dari Polres Agam sebagai komandan pasukan Paskibraka dan 4 orang lainnya untuk kelompok pengawal Paskibraka,” jelas Subchan,S.Pd,M.Si dalam laporannya.