Pelatihan Pengelolaan Zakat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se-Kabupaten Agam

AGAM, KOMINFO - Bupati Agam melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Rahman, S.IP, MM membuka pelatihan pengelolaan zakat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) nagari se-Kabupaten, Jumat (1/7) di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.

 

Dalam sambutannya bupati mengatakan, pengelolaan zakat merupakan hal yang kompleks.Menurutnya, pengelolaan zakat membutuhkan keterampilan khusus agar para calon mustahik mau menunaikan zakatnya melalui Badan Amil Zakat maupun UPZ.

 

Sehingga para peserta pelatihan diharapkan benar-benar menyerap ilmu yang diberikan narasumber, sehingga nanti ada bekal atau pedoman yang akan dibawa ke nagari masing-masing

 

Bupati juga berharap, dengan pelatihan yang digelar makin mensolidkan lembaga amil zakat hingga ke tingkat nagari. Dikatakan, UPZ tidak hanya terampil mengumpulkan zakat, tatapi juga harus mempu mendata mustahik yang butuh uluran tangan.

 

"Lembaga zakat berkewajiban pada kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pendistribusian zakat serta pendayagunaan zakat," ujarnya.