Ampek Angkek Targetkan Tanam 50.000 Pohon dengan Pola Mandiri

Menyukseskan program inovasi cerdas Bupati Agam, Kecamatan Ampek Angkek menargetkan akan menanam sebanyak 50.000 pohon pinang pada tahun 2012 ini dengan pola mandiri. Camat Ampek Angkek, Endrizal saat ditemui mengatakan, untuk penanaman tersebut diusahakan dengan pola mandiri atau tidak hanya semata mengharapkan bantuan dari pemerintah, namun dengan cara  membelinya atau membibit. “Kita tidak harus mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah, karena kita berusaha mencari sendiri dengan system atau pola mandiri,” kata Endrizal. Sejauh ini, sudah banyak bibit tumbuhan yang ditanam oleh kecamatan ini. Seperti pepaya yang telah ditanam sebanyak 6.500 pohon, coklat dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan penebaran bibit ikan, Endrizal menerangkan, telah melakukan peenyemaian pada kolam-kolam masyarakat, pemuda maupun mesjid. “Saat ini kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan diarahkan agar memebersihkan kolam-kolam, dan diberi waktu untuk mensosialisakikannya selama tiga bulan kedepan. Setelah itu, setiap kolam tersebut akan diisi dengan benih ikan,” jelasnya.
Tujuannya, agar setiap kolam yang ada di kecamatan ini tidak kosong dan nantinya juga bias menambah penghasilan dari masyarakat jika sudah waktunya panen. Atau setidaknya bias untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari.
Bag. Humas Setda Kab. Agam