Meskipun kepengurusan lembaga Didikan Subuh Kecamatan Ampek Angkek baru terbentuk tiga bulan, namun kegiatan semakin menunjukan kedewasaan dimana telah mampu mendorong ..." /> Meskipun kepengurusan lembaga Didikan Subuh Kecamatan Ampek Angkek baru terbentuk tiga bulan, namun kegiatan semakin menunjukan kedewasaan dimana telah mampu mendorong ..." />

Kegiatan Didikan Subuh Perlu Didukung

Meskipun kepengurusan lembaga Didikan Subuh Kecamatan Ampek Angkek baru terbentuk tiga bulan, namun kegiatan semakin menunjukan kedewasaan dimana telah mampu mendorong kegiatan didikan subuh setiap minggunya pada masing–masing Masjid. Saat ini telah melaksanakan kegiatan perkampungan Didikan Subuh yang diselenggarakan tanggal 24 sampai 25 Desember 2011 di Masjid Muklishin Jorong Batang Buo Nagari Biaro Gadang yang diikuti oleh peserta 275 orang.

Perkampungan ini dibuka oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Kakan Kemenag Kab Agam. Kegiatan selama perkampungan DDS adalah diawali penanaman simbolis pohon pinang, kegiatan keagamaan, pawai dan lomba–lomba.

Selama pelaksanaan kegiatan banyak masyarakat Kecamatan Ampek Angkek yang antusias melihat secara langsung pelaksanaan ini.

Pada penutupan Camat Ampek H. Endrizal, SE.M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan didikan subuh ini mempunyai makna yang sangat mendalam, dimana kegiatan ini lebih banyak diikuti oleh generasi yang masih sangat muda atau generasi yang rata – rata pendidikannya masih SD.

Dimana generasi inilah yang akan menjadi pelanjut dari generasi saat ini, untuk itu kegiatan Didikan Subuh perlu didukung oleh semua komponen masyarakat termasuk pemerintah sendiri. Pemerintah Kecamatan mendorong semaksimal mungkin agar kegiatan Didikan Subuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Alhamdulillah" setiap minggu paginya pelaksanaan didikan subuh, hampir di seluruh Mesjid di Kecamatan ampek Angkek semakin bergema dibawah kepemimpinan Zikra," tambahnya.

Wali Nagari Biaro Gadang H. Susilo MR menyambut baik pelaksanaan didikan Subuh di Nagarinya dan berjanji  siap kembali menjadi tuan Rumah Perkampungan Didikan Subuh se kecamatan Ampek Angkek pada tahun 2012.

Sebagai pemenang Lomba Nasyid yaitu juara I adalah DDS Raudatul Furgan, juara 2 DDS Surau laut Panampung dan juara 3 DDS Ampang Gadang , lomba pidato sebagai juara I adalah DDS Nurul Huda tanjung Alam, juara 2 DDS Nurul Ihsan Lurah Panampung dan juara 3 DDS Almuslimin Balai Gurah,

Sementara untuk lomba puisi sebagai pemenang adalah juara I adalah Nurul Ihsan Lurah Panampung, juara 2 DDS Surau lauik Panampung dan juara 3 adalah DDS Raudatul Furgan Batang Buo.

Sebagai Juara umum pada tahun 2011 ini jatuh kepada DDS Nurul Ihsan Lurah Panampung sehingga berhak mendapat piala bergilir Camat Ampek Angkek saat ini diserahkan langsung oleh Camat Ampek Angkek.

Disamping kegiatan keagamaan yang tidak kalah menarik juga bagaimana para peserta ikut menanam Batang Pinang di sepanjang jalan Batang Buo sebagai bentuk kepedulian semangat Agam Menyemai yang sudah merasuk kepada santri DDS.

Pada kesempatan itu, Camat Ampek Angkek berjanji akan memberikan penghargaan secara khusus kepada pemenang perorangan pada kegiatan perkampungan DDS tahun 2012 sebagai juara umum dengan mengumrohkan pemenangnya pada tahun 2013.

Camat menghimbau kepada pengurus LDS untuk merancang indikator yang jelas dalam menentukan kritera juara umum dan kepada pengurus DDS dan para santri untuk belajar lebih optimal..  Hadiah umroh ini tentunya memberikan motifasi tersendiri bagi santri, orang tua dan pengurus DDS sendiri.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam