Pemkab Agam Bantuan Uang Pembinaan 27 Pondok Pesantren

Sebanyak 27 pondok pesantren yang berada diwilayah Kabupaten Agam, mendapat bantuan pembinaan sebanyak Rp15 juta tiap pesantren. Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah di Aula Kantor Bupati Agam. Selasa (27/12). Pemberian bantuan operasional bagi Pondok Pesantren se-Kabupaten Agam melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam tahun 2011.

Dalam Sambutan Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah mengatakan, bantuan yang diberikan dapat membawa kemajuan bagi pondok pesantren di Kabupaten Agam, kedepan dalam memberikan bantuan tidak lagi melalui proposal, namun melalui proses yang berlaku.

Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen tinggi bagi lembaga yang berbasis keagamaan agar dapat membawa perubahan Agam yang terletak pada pondok pesantren karna agam telah lama ada sebelum orang membuat kita telah ada pondok pesantren.

Bupati mengingatkan Luhak Agam dan Bukittinggi jatuh mendengung di Luhak Agam, Agam adalah tungku yang sabana tungku yaitu  pesantren dan mesjid, jika tungku tidak ada jangan disalahkan. ujar bupati.

Bupati menambahkan, anak-anak sekarang tidak patuh yang disebabkan oleh pergaulan bebas dan  globalisasi. Namun harus dilakukan pembinaan melalui lembaga pendidikan keagamaan.

Untuk itu jangan ada jarak antara Pemerintah Kabupaten Agam dengan pesantren, jika ada salah tolong ditegur dan dimarahi untuk saling mengingatkan.

Batuan tidak hanya mengenai atau berupa dana atau infrastuktur tetapi juga dapat berupa pembangunan jalan biar lebih lancar karna itu suatu kebutuhan.

Mudah-mudahan kedepan bisa membina akidah masyarakat sehingga tidak akan menyesal nantinya, karena generasi baru yang tinggal kuat dalam bidang keagamaan.

Acara pemberian bantuan bagi pondok pesantren dihadiri Kepala Kamenag Agam Yetrizal Katib, Asisten I, Asisten II, Kepala SKPD, Kepala Bagian Kesra Refdinal dan seluruh pondok pesantren se-Kabupaten Agam.

Sumber: Bag. Humas Setda Kab. Agam