Gubernur Sumbar Resmikan Jalan Padat Karya Infrastruktur di Agam

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan jalan Padat Karya Infrastuktur bertempat di jorong Dama Gadang Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Selasa (27/12). Kegiatan yang dilaksanakan di hadiri lansung oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah dengan dilakukan penandatanganan prasasti, pemakaian jalan baru dan jembatan dimulainya kegiatan tersebut.

Dalam Sambutan, Gubernur Sumbar yang di bacakan oleh Kepala Badan Nakertrans Propinsi Sumbar Syofyan. Khusus penempatan sektor informal melalui padat karya pada tahun 2011 telah dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 1.848 orang yang berada di 11 kabupaten dan kota dan tersebar pada 21 lokasi kegiatan.

Salah satunya berada di Jorong Dama Gadang  Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, program padat karya merupakan kegiatan yang berasal dari usulan masyarakat dilaksanakan oleh masyarakat dan hasilnya dinikmati lansung oleh masyarakat yang sumbernya dananya bisa dari APBN atau APBD.

Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, menyampaikan masalah utama yang dihadapi di daerah  Kabupaten Agam dibidang ketenagakerjaan adalah terbatasnya lapangan pekerjaan masih dirasakannmya dampak ekonomi akibat bencana alam gempa bumi 30 september 2011.

Untuk menyikapi masalah solusi yang telah dipilih pemerintah pusat, propinsi dan Kabupaten Agam dengan berupaya menciptakan lapangan kerja melalui kegiatan-kegiatan yang bernilai ekonomis, padat karya produktif dan infrastruktur, penyebarluasan peserta magang dan TKI ke Jepang, penempatan tenaga kerja akad (antar kerja antar daerah).
Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan keterampilan, melaksanakan kegiatan desa produktif serta budaya keluarga menyemai sebagaimana yang sangat gencar dilakukan di Kabupaten Agam.

Kabupaten Agam melalui DIPA Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi sejumlah Rp527.736.000. untuk tiga paket kegiatan padat kerya yaitu, dua paket dalam bentuk pembuatan kolam ikan lele di Kec Kamang Mudiak dan Nagari Salareh Air Kecamatan Palembayan sebanyak empat kolam ikan, bibit dan makanan sampai panen.

Satu Paket Padat Karya infrastruktur di Jorong Dama Gadang dengan realisasi pembukaan jalan baru dengan panjang kurang lebih 2,150 meter dan pemasangan 24 buah gorong-gorong saluran air.

Disamping keberhasilan kegiatan padat karya baik produktif maupun infrastuktur di kabupaten Agam pekerjaan rumah yang masih tersisa adalah pemindahan kurang lebih 793 KK yang terkena musibah korban bencana sebanyak 125 KK menempati shelter di Nagari Sungai Batang sejak tahun 2010.

Sedangkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintahan propinsi dan pusat untuk program relokasi dan transmigrasi, dalam kesempatan ini pihaknya meminta kepada Bapak Gubernur untuk memberikan perhatian yang lebih karena bagaimana persoalan ini menjadi beban berat Pemkab Agam dengan harapan kegiatan padat karya ini bermanfaat bagi masyarakat dan mengenai transmigrasi.

Sumber: Bag. Humas Setda Kab. Agam