Agam Berikan Porsi Terbesar untuk Kaum Wanita Dikancah Birokrasi

Bupati Agam Indra Catri mengungkapkan pemerintah setempat memberikan porsi yang cukup besar bagi kaum wanita untuk berpacu dalam dunia kancah birokrasi. Dilain sisi Bupati juga merasa risau, dewasa ini banyak kaum wanita tergerus pengaruh budaya yang melanda masyarakat. Kondisi itu memang dipicu lantaran rendahnya kadar pendidikan dan kesadaran. Hal itu dikatakan Bupati Agam Indra Catri sewaktu memberikan sambutan pada peringatan hari Ibu ke 83 tahun 2011 tingkat Kabupaten Agam bertempat di aula utama kantor bupati Agam Lubuk Basung, Kamis (22/12).

Menurut Bupati, dalam melakukan pembinaan terhadap anak dan keluarga tentunya membutuhkan ilmu pengetahuan yang luar biasa, sebab tanpa pengetahuan upaya penekanan kematian ibu dan bayi termasuk ilmu tentang peningkatan perbaikan gizi dan kebersihan sulit kita lakukan. Selain ilmu pengetahuan yang cukup, sambung Indra Catri juga sangat dibutuhkan tingkat kesadaran yang tinggi sebagai upaya dalam penerapan kajian ilmu keagamaan, seperti pandai tulis baca alquran dan maghrib mengaji. Begitu juga dengan sikap kontrol sosial melalui pengetahuan dan ketrampilan kaum ibu sangat diperlukan, sebagai antisipasi dampak pengaruh dan pergeseran nilai ditengah-tengah masyarakat. "Mari kita bersungguh-sungguh dalam membina dan memajukan kaum wanita, sehingga tidak ada lagi terdengar tingkah laku dan sikap yang melecehkannya," ujar Bupati.

 

Hari Ibu 2011

 

Khusus di Pemerintah Kabupaten Agam, peranan kaum wanita dalam dunia kancah birokrasi selalu memberikan porsi prioritas, hal itu dibuktikan dewasa ini 33 orang pejabat eselon II dan III itu adalah kaum wanita. "Sebab kekuatan kaum ibu diranah Minang ini sudah tidak diragukan lagi, dibuktikan untuk garis keturunan saja memakai pola matrilineal," ujar Indra Catri. Turut hadir pada kesempatan itu jajaran Muspida plus Agam, kepala SKPD, Penasehat GOW Agam Ny. Vita Indra Catri serta puluhan organisasi wanita lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Agam