Bupati Agam Himbau Petani Kakao Pelihara Buah Jangan Daunnya

Bupati Agam Indra Catri menghimbau para petani kakao untuk dapat memelihara buah dan membuang daunnya, agar komoditi kakao tersebut berkualitas. Hal itu disampaikan Indra Catri sewaktu melakukan panen perdana kakao di Kelompok Tani Kakao Sibarasok Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (21/12).

Dikatakan Bupati, berbagai upaya perbaikan untuk kemajuan pembangunan khususnya dibidang pertanian, perkebunan sudah menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Daerah. Namun demikian, tentu membutuhkan proses dan waktu untuk melakukannya, sebab tuntutan terhadap kemajuan berbagai aspek tidak bisa kita bendung lagi akan tetapi semua itu tentunya membutuhkan sebuah proses.

Khusus untuk cara bertani budi daya coklat harus kita ubah, karena pemahaman akan dunia perkebunan khususnya kakao perlu kita sempurnakan. "Kita menyadari cara budi daya coklat yang selama ini kita lakukan lebih mengutamakan rimbun daun, sehingga akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas buah", tambah Bupati. Untuk itu, pihaknya minta cara bertanam kakao untuk masa yang akan datang diubah, karena akan membawa sengsara bagi para petani. Ajarkan petani kakao cara pemangkasan yang benar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam Yulnasri, Kepala BP4K2P Agam Helios Rinondeva, Kepala Dinas PU Agam Yunaldi, Kepala Dinas Pertahornak Armansyah dan Camat Tanjung Raya Syatria, S.Sos, M.S.i beserta para anggota kelompok tani kakao se-Nagari Tanjung Sani.

Sumber: Humas Setda Kab. Agam