Jalan Bukittinggi-Lubuk Sikaping Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Jalan Bukittinggi-Lubuk Sikaping yang putus total selama satu hari karena longsor yang terjadi di Nagari Nan Tujuh Kacamatan Palupuh dari sore kemarin sudah bisa dilalui kembali dengan lancar. "Kemaren sebelum magrib jalan yang sempat putus total sudah bisa dilalui dengan lancar" Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto saat di komfirmasi disela acara rapat konsultasi publik pembahasan draft sop dan rencana kontinjensi bencana lonsor di Lubuk Basung. Rabu (21/12).

Dia menambahkan, dalam pembersihan jalan yang putus total tersebut dengan menggunakan dua alat berat, satu berasal dari Kabupaten Agam dan dibantu dengan alat berat berasal dari Propinsi Sumatera Barat, sehingga jalan bisa cepat dilalui pengguna jalan untuk menuju Medan. Sebelumnya lonsor terjadi karen hujan yang terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan longsor di beberapa titik di jalan bukittinggi menuju Lubuk Sikaping sehingga mengakibatkan jalan tersebut putus total dan mengakibatkan macet panjang.

Lebih rinci dikatan longsor terjadi di 11 titik di Nagari nan Tujuah Palupuah kab. Agam. 35 KK yang berdiam di sariak Laweh sudah diungsikan, 3 rumah dari 3 KK hancur diterjang longsor. dua mobil tertimbun. Lalu lintas Bukittinggi - Lubuk Sikaping putus total.

Sumber: Humas Setda Kab. Agam