Pembersihan material longsor terhambat karena masih dikuatirkan akan terjadi longsor susulan sehingga alat berat masih belum berani membersihkan longsor di tiga titik b..." /> Pembersihan material longsor terhambat karena masih dikuatirkan akan terjadi longsor susulan sehingga alat berat masih belum berani membersihkan longsor di tiga titik b..." />

Pembersihan Material Terhambat, dikuatirkan Longsor Susulan

Pembersihan material longsor terhambat karena masih dikuatirkan akan terjadi longsor susulan sehingga alat berat masih belum berani membersihkan longsor di tiga titik besar dari 11 titik.

"Pembersihan masih dititik longsor yang bermaterial kecil, karena pada tiga titik besar masih terjadi longsor susulan sehingga ditunggu sampai benar-benar tidak ada lagi material yang akan jatuh" Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam Martiaswanto yang berada dilokasi longsor saat dikomfirmasi via telp. Selasa (20/12) dini hari.

Dia menambahkan, semalam Senin (19/12) saat Bupati Agam Indra Catri berada dilokasi longsor sudah dilakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat, saat itu juga terjadi longsor susulan menjelang rombongan bupati akan menaiki alat berat sehingga niat bupati diurungkan untuk melihat para korban yang berada di pengungsian.

Sedangkan alat berat yang barada dilokasi juga hampir terkena material longsor yang jatuh dari perbukitan, sehingga alat berat di alihkan untuk membersihkan titik longsor yang lebih kecil sementara sampai tidak adalagi material yang jatuh.

Lebih lanjut Martiaswanto mengatakan berkemungkinan pembersihan material longsor yang terjadi di 11 titik tersebut akan memakan waktu sampai pagi bahkan sampai siang.

Pembersihan material longsor yang berada di tiga titik besar berkemungkinan pagi akan dilakukan karena untuk menjaga keselamatan operator dan alat berat.

"Kita akan mengusahakan pemebrsihan material longsor secepatnya, sehingga jalan Bukittinggi- Lubuk Sikaping bisa dilalui dengan lancar" ulasnya.

Alat berat akan ditambah dengan bantuan dari propinsi Sumatera Barat,saat ini masih dalam perjalanan menuju ke lokasi longsor.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam