Sungai Pua PLIK terbaik Sumatera Barat

Salah satu Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Sumatera Barat mendapat penghargaan dari Menkominfo dalam acara Universal Service Obligation (USO) Award 2011 yang digelar di The Empire Palace, Surabaya (5/12). PLIK yang menjadi satu-satunya terbaik di Sumatera Barat pada ajang bergengsi tersebut dikelola oleh Afrizal yang beralamat di V Suku Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam, Drs. Maryanis yang didampingi Kabid. Informatika Fauzan Helmy Hutasuhut, AP, S.Sos, MAP mengatakan hasil survei terhadap seluruh PLIK di Kabupaten Agam, memang PLIK yang berada di Nagari Sungai Pua yang dinilai paling baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kriteria yang telah ditetapkan antara lain:
1. PLIK masih beroperasional serta memiliki pengelola,
2. Fasilitas yang lengkap yaitu 1 Server, 5 Klien, 1 Printer dan Scaner, 1 Modem, Jaringan dan Mebeler serta Fasilitas pendukung masih dalam keadaan baik: Tempat, Papan Nama dan Rambu-rambu.
3. Jam beroperasi sebanyak 8 sampai 12 jam dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat setiap hari.
4. Memiliki akses yang baik.
5. Memiliki pengelolaan yang cukup baik: baik itu operasional, sarana dan pembiayaan.
6. Dedikasi pengelola cukup baik dengan memiliki jiwa wiraswasta dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Selanjutnya kita berharap kepada Kementrian Komunikasi dan Informatika RI khususnya Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dapat melakukan pembinaan dan evaluasi secara berkala terhadap PLIK-PLIK yang berada di seluruh daerah, karena dari beberapa PLIK yang telah kita lihat masih ada sedikit hambatan terhadap berkembangnya PLIK tersebut antara lain:
1. Lokasi kurang strategis.
2. Pengelola tidak memiliki keahlian dalam mengelola bisnis jasa internet.
3. Pengelola tidak memiliki keahlian teknis dalam menanggulangi kerusakan/permasalahan terhadap perangkat PLIK.
4. Akses jaringan internet sering terputus pada saat cuaca mendung/berawan.
5. Bandwith internet kecil sehingga akses internet menjadi lambat.
6. Masyrakat banyak yang belum terbiasa menggunakan sistem operasi dan perangkat lunak Linux yang menjadi Sistem Operasi PLIK.

 

PLIK


Universal Service Obligation  atau yang lebih dikenal dengan USO merupakan program yang dikelola oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Komunikasi dan Informasi. USO mengedepankan pemerataan layanan komunikasi terpadu dengan menjangkau seluruh pelosok masyarakat desa tertinggal dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di pedesaan, terutama dalam hal penciptaan jaringan komunikasi yang mudah, murah, dan cepat. Beberapa program USO ini antara lain Desa Dering, Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK), dan mobile PLIK.