Pemindahan Gelar Datuak Bandaro Kayo Suku Tanjuang, Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, dari Syafrilatif kepada Lazuardi Erman yang saat ini memangku jabatan..." /> Pemindahan Gelar Datuak Bandaro Kayo Suku Tanjuang, Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, dari Syafrilatif kepada Lazuardi Erman yang saat ini memangku jabatan..." />

Lazuardi Erman Resmi Pangku Gelar Pusako Datuak Bandaro Kayo

Pemindahan Gelar Datuak Bandaro Kayo Suku Tanjuang, Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, dari Syafrilatif kepada Lazuardi Erman yang saat ini memangku jabatan Wakil Ketua DPRD Agam yang dihadiri langsung Bupati Agam diwakili H. Junaidi Dt. Gampo Alam Nan Hitam Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bertempat di Pasar Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Sabtu ( 03/12 ).


Batagak Gadang Panghulu yang disebut dengan pepatah minang " iduik bakarelaan" ini berlangsung sangat khitmat apalagi bertepatan pada tanggal 9 Muharram yang disonsong dengan tambua serta tarian bundo kanduang.

Situasi agak berubah ketika Syafrilatif memasangkan pakaian datuak sekaligus menyerahkan secara resmi gelar datuaknya Bandaro Kayo kepada Lazuardi Erman. Terlihat sedih diantara kedua mamak dan kemenakan ini karena Datuak bukanlah bersifat simbol sebagai pamaga sanak kamanakan di kampuang, tetapi sebagai Pemimpin yang panarang dari sagalo nan galok paluruih dari yang bengkok yang sesuai dari sunah rasul Khalifah dimuka bumi.", dalam kata pepatah dan petitih dari berbagai datuak.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, anggota DPRD Agam,  LKAAM Kecamatan Tanjung Mutiara S. Datuak Tambijo, Camat Tanjung Mutiara Boy Vetris, Wali Nagari se- Kecamatan Tanjung Mutiara beserta jorong, Angku Niniak Mamak cadiak pandai, alim ulama, serta ratusan tokoh masyarakat.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Agam