Pada pelaksanaan Gerak Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai daerah pelaksana dan kegiatan tersebut diadakan di Sport C..." /> Pada pelaksanaan Gerak Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai daerah pelaksana dan kegiatan tersebut diadakan di Sport C..." />

Agam Daerah Pelaksana Program GPTPP

Pada pelaksanaan Gerak Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011, Kabupaten Agam ditunjuk sebagai daerah pelaksana dan kegiatan tersebut diadakan di Sport Center Lubukbasung  Kabupaten Agam, Jum'at (2/12).

Program Gerak Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno, Ketua Bayangkari Sumbar Ny. Elok Wahyu Indra Pramugari, Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan siswa.

Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri mengatakan, program GPTPP yang dilakukan ini berbasis nagari karena lima nagari di Lubukbasung yakni, Magari Manggopoh, Lubukbasung, Kampung Pinang, Kampung Tanggah dan Garagahan diberi bantuan bibit agar mereka melakukan kegiatan ini.

"Bibit yang kita berikan dan tanam yakni sirsak, mahoni, nangka dan lainya merupakan sumbangan dari SKPD di Kabupaten Agam," kata Vita Indra Catri.

Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno menambahkan, program penanaman yang dilakukan untuk mensukseskan program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan ibu negara.

"Hingga saat sekarang, saya telah melakukan penanaman sekitar ribuan bibit pohon di 19 kabupaten dan kota," katanya.

Selain mensukseskan program menanam satu miliar pohon, ini juga bentuk melestarikan lingkungan dari pemanasan global agar terhindar dari bencana longsor dan banjir.

Selama ini, bencana longsor dan banjir sering melanda wilayah Sumatera Barat yang mengakibatkan kerugian sekitar miliaran.

Sumber Sekretariat Daerah Kab. Agam