Mutasi atau pindah tugas bagi seorang aparatur pemerintah adalah hal yang biasa, disamping untuk pengembangan karir juga untuk penyegaran tugas bagi yang bersangkutan, ..." /> Mutasi atau pindah tugas bagi seorang aparatur pemerintah adalah hal yang biasa, disamping untuk pengembangan karir juga untuk penyegaran tugas bagi yang bersangkutan, ..." />

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Maninjau Diserahterimakan

Mutasi atau pindah tugas bagi seorang aparatur pemerintah adalah hal yang biasa, disamping untuk pengembangan karir juga untuk penyegaran tugas bagi yang bersangkutan, demikian juga  yang terjadi bagi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Maninjau, M. Achyar Bc. Ip yang selanjutnya ditugaskan di di Rumah Barang Sitaan Negara (Rubasan) Pontinak Kalimanata Barat.

Hal ini terungkap dalam acara serah terima sekaligus pisah sambut Kalapas Maninjau dari pejabat lama kepada pejabat baru Nanang Rukmana Bc. Ip, yang sebelumnya bertugas di Lembaga Pemasyarakatan Pariaman baru-baru ini di Aula Lapas Maninjau.

Nanang Rukmana yang kelahiran Tasikmalaya Jawa Barat tersebut menyampaikan bahwa dirinya adalah rang sumando piaman, dan telah bertugas selama 15 (lima belas) tahun di Lapas Pariaman tersebut, sehingga wajar kalau saya kecantol sama cik uniang katanya berkelakar. Hadir pada saat pisah sambut tersebut Bupati Agam yang diwakili Asisten II, Ir. Eldi Zen M.Si, Muspika Tanjung Raya, Ketua TP PKK Tanjung Raya dan instansi kecamatan lainnya. Dalam sambutannya Bupati Agam menyampaikan bahwa banyak yang telah di perbuat pejabat lama di lembaga ini dalam rangka membangun keimanan dan ketaqwaan bagi warga lapas, seperti pembuatan kamar mandi disetiap sel tahanan, wirid pengajian rutin setiap magrib dan subuh, sehingga hal ini menjadi modal bagi warga lapas setelah kembali kepada masyarakat. Diharapkan kedepan, meskipun terjadi pergantian kepala lapas, hal ini tetap dipertahankan, dan kalau perlu dikembangkan, terakhir kami bersama-sama dengan beliau saat pemberian remisi bagi warga binaan tanggal 17 Agustus 2011 yang lalu pada upacara hari kemerdekaan kata Eldi Zen menambahkan.

Disamping itu Camat Tanjung Raya, Syatria. S.Sos, M.Si juga menyampaikan bahwa meskipun delapan bulan bertugas bersama M. Achyar Bc Ip  di Kecamatan Tanjung Raya, banyak kegiatan yang telah dilakukan bersama-sama seperti,  taharah mesjid menjelang puasa Ramadhan termasuk dengan warga binaan, Tim Ramadhan kecamatan, bergoro bersama di taman kelok-kelok, bergantian menjadi tuan rumah wirid bulanan KORPRI kecamatan, termasuk tugas-tugas kemasyarakatan lainnya. Pada saat perpisahan tersebut terlihat juga rasa keharuan dari warga binaan Lapas, yang selama ini bergaul bersama dengan M. Achyar, beliau sudah seperti bapak sendiri bagi kami disini, karena beliau melakukan pendekatan kekeluargaan, serta memberikan keterampilan bagi warga lapas.

Sumber Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab.Agam