Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K2P) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, akan menanam seba..." /> Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K2P) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, akan menanam seba..." />

40.000 Bibit Disebar dalam Menyambut Hari Perempuan Menanam

Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K2P) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, akan menanam sebanyak 40.000 bibit pohon yang tersebar di 16 kecamatan.

Kepala Dinas Kabid Kehutanan dan Perkebunan, Ir. Yunasri didampingi Kepala BP4K2P Kabupaten Agam Herlios Rynondeva dan Kepala Bidang Kehutanan Afniwirman pada Reporter Agam Media Center (AMC), Rabu (01/12).

Dalam rangka mendukung kegiatan tersebut, kata dia, bibit akan didatangkan dari Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Barat sebanyak 40.000 bibit dengan jenis jambon sebanyak 4.000 batang, mahoni 7.000 batang, gaharu 3.500 batang, nangka 1.000 batang, sengon 3.000 batang dan surian 700 batang.

"Untuk saat sekarang bibit ini berada di balai pembibitan yang berada di rumah Dinas Bupati Agam," katanya.

Ia menambahkan, bantuan bibit tidak hanya dari provinsi saja, melainkan dari Kabupaten Kuantan dengan jumlah sebanyak 370 ribu bibit berupa bibit jambon dan surian dan kayu-kayuan.

Bibit ini akan diserahkan kepada warga yang membutuhkan untuk pengijauan di daerah mereka dan pihaknya tidak akan mempersulit warga untuk mendapatkan bibit ini.

Sementara itu, sebagian masyarakat telah memulai melakukan penanam yang tersebar di Jorong Puduang Jati Kecamatan Ampek Nagari dan Simpang Ampek Surobayo Jorong Balai Ahad yang masing-masingnya menanam sebanyak 2.000 bibit singon dan jambon.

Kata dia, pohon jambon dan sengon berguna untuk membuatan kertas, apabila masyarakat Agam menanam pohon ini, maka lima tahun kedepan akan berdiameter lingkaran 50 cm yang hasilnya sangat luar biasa dan akan mendapat nilai tambah bagi masyarakat.

Sedangkan untuk pemasaran, pihaknya akan mengusahakan untuk mencarikan pemasaran dan akan mengusahakan untuk membuat pabrik kertas.

Sumber Bagian HUMAS Sekretariat Daerah Kab. Agam