Dalam upaya percepatan pembangunan, Kecamatan IV Koto tidak hanya menitik beratkan pembangunan disektor fisik saja, tapi juga mencakup s..." /> Dalam upaya percepatan pembangunan, Kecamatan IV Koto tidak hanya menitik beratkan pembangunan disektor fisik saja, tapi juga mencakup s..." />

IV KOTO MEMBANGUN

Dalam upaya percepatan pembangunan, Kecamatan IV Koto tidak hanya menitik beratkan pembangunan disektor fisik saja, tapi juga mencakup sektor pemberdayaan sumber daya manusia (SDM)-nya. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu dengan mengalokasikan dana DOK Pelatihan PNPM-MP, yang mana peruntukannya antara lain untuk pelatihan pengurus kelompok SPP, pelatihan Kader PNPM-MP dan pelatihan pengurus LPMN.

Dalamrangka peningkatan pemahaman pengurus Kelompok Simpan Pinjam (SPP) dalam melakukan proses Administrasi Keuangan, di Kecamatan IV Koto dilaksanakan pelatihan untuk 31 (tiga puluh satu) kelompok SPP yang ada di Kecamatan IV Koto.

Pelatihan ini diadakan selama dua hari, yakni pada tanggal 20 dan 21 April 2011 di gedung pusdiklat Gantiang Nagari Koto Gadang yang juga merupakan hasil pembangunan fisik yang didanai oleh kegiatan PNPM-MP tahun 2010.

Kegiatan pelatihan ini didanai dengan dana DOK Pelatihan PNPM-MP tahun 2010 dengan narasumbernya oleh FK, FT dan UPK PNPM-MP Kecamatan IV Koto.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh kelompok SPP yang ada di Kecamatan IV koto dapat melaksanakan proses administrasi dengan baik dan dapat menghindari kredit macet.

Disamping itu, untuk memenuhi program kegiatan PNPM-MP Kecamatan IV Koto, terutama yang didanai dari DOK Pelatihan PNPM-MP Kecamatan IV Koto tahun 2011, UPK IV Koto mengadakan pelatihan bagi kader PNPM-MP yang diikuti oleh tiga Kecamatan, yaitu : IV Koto, IV Angkek dan Baso.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni tanggal 25 s/d 27 April 2011di bumi perkemahan Jorong Salasa Nagari Padang Tarok dengan pola Out Bond.

Pelatihan dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pemahaman kader terhadap tahapan-tahapan PNPM-MP dan peningkatan komitmen terhadap program, integritas serta kerja sama tim. Hal ini disampaikan oleh FK PNPM-MP Kecamatan IV Koto, Khairul Anwar.  SAg, disela-sela kesibukannya.

Kegiatan pelatihan pengurus LPMN dilaksanakan tanggal 28 s/d 30 April 2011 di Hotel Campago Bukittinggi, yang diikuti oleh 6 Kecamatan, yaitu : IV Koto, IV Angkek, Palupuh, Sungai Puar, Kamang Magek dan Canduang, dimana masing-masing Nagarinya diwakili oleh 2 (dua) orang pengurus LPMN.

Materi yang disajikan antara lain meliputi : pemahaman tupoksi, regulasi LPMN, Musrenbang Integrasi, Teknik Fasilitasi dan Komunikasi serta simulasi pemahaman laporan TPK.

Narasumber yang dihadirkan untuk kegiatan ini antara lain : Faskab Agam, FK IV Koto, FK IV Angkek, FK Kamang Magekdan FT Sungai Puar.

Untuk pembangunan dibidang fisik, telah dilaksanakan MAN Penetapan (MAN III) pada tangga 28 April 2011 yang dibuka oleh Camat IV Koto dan diikuti oleh FK, FT, UPK, PjoK, Setrawan, Wali Nagari, Bamus, LPMN, Tokoh Masyarakat dan perwakilan perempuan se-Kecamatan IV Koto.

Pada kegiatan tersebut, dari alokasi dana sebesar Rp. 450.000.000,- untuk Kecamatan IV Koto, telah disepakati untuk mendanai 3 kegiatan dari 7 prioritas usulan, yaitu : rabat beton jalan Sutijo dengan alokasi dana sebesar Rp. Rp. 244.934.600,-, rabat beton jalan Subarang Balingka dengan alokasi dana sebesar Rp. 162.960.200,- dan SPP Gantiang dengan alokasi dana sebesar Rp. 42.105.200,-

Untuk mendukung kegiatan PNPM-MP, Camat IV Koto (Herman, SE) saat ini sedang mengusahakan sebuah ruangan kantor yang kondusif dan representatif untuk pelaku PNPM-MP di Kecamatan karena kantor yang dipergunakan saat ini dinilai kurang layak karena menumpang pada salah satu ruangan di Kantor Camat IV Koto.