Pemkab Agam Gelar Bursa Inovasi Untuk Walnag

Untuk melaksanakan pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif, Pemkab Agam gelar Bursa Inovasi Nagari bagi wali nagari dan lembaga nagari yang tersebar di daerah itu.
Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam ini, akan dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, di Pusdiklat Regional Kemendagri Baso, Kamis, (11/10).
Kepala DPMN Agam, Teddy Martha menyebutkan bahwa kegiatan itu digelar dengan telah berjalannya UU Desa sejak tiga tahun lalu, sehingga dalam proses perjalannya masih membutuhkan dampingan dan pemahaman yang sama dari berbagai sektor.
“Berbagai langkah dilakukan, salah satunya adalah pola inovasi kegiatan, praktek-praktek cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa,” ujarnya.
Salah satu strategi yang dikembangkan dalam program inovasi dan pengelolaan pengetahuan desa adalah bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi yang mendorong peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.
Dengan demikian, dikatakan Teddy bahwa Bursa Inovasi Nagari digelar agar dapat terlaksananya pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif serta meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan serta pengelolaan program.
Peserta dalam kegiatan ini seperti, wali nagari, ketua Bamus dan tokoh masyarakat nagari se-Kabupaten Agam, TPID kecamatan, camat dan lainnya dengan jumlah lebih kurang 400 orang.
Dijelaskan, dalam acara ini nanti diadakan pleno 1 menyampaikan rangkuman berbagai inovasi yang ada di nagari, penampilan kesenian, penyampaian kartu komitmen,  presentase oleh masing-masing bursa seperti, bursa A pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, bursa B peningkatan kualitas SDM dan bursa C peningkatan infrastruktur.

 


Share This Post: