KSB Salareh Aia Diberikan Pelatihan Manajemen Posko Kebencanaan

BPBD Agam, berikan pelatihan penanggulangan bencana kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kamis (9/8).
Pelatihan kali ini diangkat dengan topik manajemen posko kebencanaan, diikuti 30 orang termasuk wali jorong dan perangkat nagari.
Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi mengatakan, bahwa sebagai diri pribadi harus siap dalam mengantisipasi bencana yang terjadi. Kesiapsiagaan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain.
“Untuk kesiapsiagaan diri sendiri 34,9%, bantuan tetangga 28.1 ?n bantuan orang lewat hanya 2,6 %, sehingga kesiapan diri lebih besar dan perlu mendapat pengetahuan dan keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana,” jelasnya.
Menurutnya, pelatihan manajemen posko dan sosialisasi bencana ini, bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap pengurus KSB dan masyarakat, tentang pendirian tenda posko dengan tugas pokok koordinator posko saat bencana.
“Selain manajemen posko kepada anggota KSB dan masyarakat, juga diberikan materi konsep relawan kebencanaan disajikan oleh Martiyas,” ujarnya.
Wali Nagari Salareh Aia diwakili Sekretaris, Mustakim menyambut baik dan berterimakasih kepada Tim BPBD Agam yang telah turut memberikan informasi sekaligus praktek pemasangan tenda beserta manajemennya.
“Pembentukan KSB di Nagari Salareh Aia merupakan program nagari yang perlu dibentuk organisasinya,” katanya.
Menurut Mustakim, kesiapsiagaan memang perlu ada pada diri sendiri, untuk keluarga maupun untuk masyarakat sekitarnya.
Kepada peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan dengan baik. “Mari kita bahu membahu dalam pelaksanaan operasional lapangan saat terjadi bencana,” ujarnya.
Tingkatkan kerjasama dalam penanggulangan bencana, tugas sosial ini adalah tugas mulia yang harus dirasakan pengurus dan anggota.

 


Share This Post: