Wabup Agam Mengisi Penceramah Perdana Ramadhan 1439 di Nurul Fallah

Wakil Bupati Agam (Wabup) Trinda Farhan Satria mengisi tausiyah malam pertama pelaksanaan ibadah tarwih di bulan Ramadhan 1439 Hijriyah, di Masjid Agung Nurul Falah yang berada dipusat Ibukota Kabupaten Agam di Lubukbasung, Rabu (16/05) malam.

Dalam tausiyahnya, Wabup menyebutkan bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat dirindukan ummat islam yang beriman. Bulan yang penuh magfirah dan istimewa dari sebelas bulan lainnya.

“Kedatangan bulan Ramadhan ibarat seorang ibu yang merindukan anaknya yang berada di perantauan untuk pulang kampung. Sangat dirindukan, tidak sabar untuk menuggu kedatangannya,” ujar Wabup.

Dikatakan Trinda Farhan Satria, secara logika manusia aktifitas pada saat Ramadhan menyusahkan, karena harus menahan, begadang, mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, “namun lain halnya dengan orang mukmi, kedatangan Ramadhan ini betul-betul sangat dirindukan karena akan memberikan ketenangan, kesejukan, kedamaian, kebahagiaan di lubuk hatinya, karena hal itu semua didasari dengan iman yang mereka miliki,” ujarnya lagi.

Oleh sebab itu dikatakan Trinda, hal utama yang sangat penting dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah kesiapan iman didalam diri.

“Ini momen kita untuk merenungkan diri untuk kembali mencas diri, lebih baik menginstropeksi diri dari awal daripada diakhir Ramadhan, agar kita tahu bagaimana tingkat kualitas pemahaman terhadap islam,” ajaknya.

Wakil Bupati Agam juga menambahkan Ramadhan memberikan banyak manfaat, diantaranya sebagai syahrul ibadah, syahrul tarbiyah, syahrul jihad, syahrul quran dan syahrul taubat.

“Ramadhan bulan yang penuh berkah, keistemewaannya dapat dijadikan manfaat bagi kita sebagai bulan untuk beribadah, pembinaan diri, sebagai jihad di jalan Allah, bulannya alquran kita harus menargetkan berapa kali kita harus khatam membacanya pada Ramadhan ini dan yang terpenting sebagai waktu untuk bertaubat,” jelas Wabup.

Kedatangan bulan Ramadhan 1439 Hijriyah disambut dengan sukacita oleh jamaah Masjid Agung Nurul Fallah, hal itu dapat dilihat membludaknya kaum muslimin dan muslimat yang beribadah melaksanakan sholat tarwih berjamaah dan wittir.

Share This Post: