Minggu, 23 November 2014 / 30 Muharram 1436 H
Industri & Perdagangan
Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan

 

1. V I S I

“TERBAIK DAN PROFESIONAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT  SEKTOR KOPERASI, UMKM INDUSTRI DAN PERDAGANGAN “.

2. M I S I

a. Mewujudkan ekonomi masyarakat Kabupaten Agam menjadi sejahtera

b. Mewujudkan iklim usaha yang kondusif  bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi kerakyatan

 

 

PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

 

Dengan berpijak kepada UU No. 32 tahun 2003 tentang Pemerintahan Daerah, dan UU No. 17 Tahun 2005 tentang Keuangan Negara, serta UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bermakna bahwa kewenangan yang luas dan nyata telah di berikan kepada Daerah. Dan itu berarti perlu disediakan suatu Rancangan Perencanaan Konperenship Lima Tahunan yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), yang akan digunakan sebagai acuan dalam menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Penyusunan Renja SKPD merupakan suatu Dokumen Perencanaan Tahunan setiap Unit Kerja Daerah memuat rencana kegiatan kegiatan pembangunan yahun berikutnya, yang dilengkapi dengan kerangka anggaran dan indikasi pembiayaan dua tahun kedepan.

Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra – SKPD) merupakan dokumen perencanaan teknis operasional yang merupakan penjabaran teknis dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJM Daerah) untuk setiap unit kerja. Renstra SKPD memuat visi, misi, arah kebijakan teknis, dan indikasi rencana program setiap bidang kewenangan dan fungsi pemerintahan untuk jangka waktu lima tahunan berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA).

Renstra SKPD Tahun 2005 – 2010 disusun dengan berpedoman pada tupoksi Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan didasarkan pada statistik sektoral (Koperasi, Industri dan Perdagangan). Selanjutnya Renstra akan dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja (Renja SKPD).

 

HOME