16 Desember 2017

-

Menghadiri Seminar “ Transformasi Tata Kelola Pemerintah Nagari Era Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014’ dalam Rangka Penigkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari Serta Iplementasi Undang-Undang

-

Menghadiri acara Sejuta Cinta untuk Bunda dalam rangka menyongsong Hari Ibu dari Indojalito Jakarta

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

-

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solok dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-47

» jadwal kegiatan lainnya

Rabu, 24 Januari 2018 / 7 Jumadil Awwal 1439 H
Berita Detil

Selasa, 12/12/2017  15:58 WIB

Wabup Buka Pameran Bursa Inovasi Nagari

Inovasi Nagari

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah membuka kegiatan Pameran Bursa Inovasi Nagari tingkat Kabupaten Agam tahun 2017, Senin (11/12) di Auditorium IPDN Baso.

Kegiatan pameran sehari itu bertujuan untuk memperkenalkan inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang di nagari-nagari dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Konsultan Profesional Provinsi Sumbar, Pimpinan Forkopimda, Kepala OPD se-Kabupaten Agam, camat se- Agam, wali nagari se-Agam, dan Ketua Bamus se-Agam.

Wakil Bupati, saat membuka acara tersebut mengatakan, Pameran Bursa Inovasi Nagari ini penting dilakukan, guna merangsang sensitivitas nagari terhadap permasalahan kursial dalam menyelenggarakan pembangunan.

Melalui kegiatan bursa inovasi nagari ini, dapat merekam inovasi yang telah kita laksanakan di tahun kemarin dan akan dItingkatkan, baik proses maupun kualitas hasilnya di masa datang, merupakan inti daripada inovasi itu sendiri.

"Saya minta wali nagari dan Bamus untuk bisa mencermati potensi-potensi yang ada di nagari masing-masing. Apabila Wali nagari bisa memanfaatkan dana nagari, maka pembangunan ekonomi akan merata," ujarnya.

Wabup menyebutkan, tahun ini Agam mendapatkan anggaran dana desa dua kali lipat, maka akan menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Wali nagari dalam memanfaatkan dana nagari.

Wabup minta wali nagari jangan takut untuk menggunakan dana nagari, selagi sesuai dengan aturan berlaku. Kalau dana tersebut dibiarkan maka akan jadi silpa.

Begitu sebaliknya, jika wali nagari terlalu over dalam menggunakan dana nagari, tanpa mematuhi aturan berlaku, maka akibatnya akan berurusan dengan pihak berwajib.

"Saya harap wali nagari bisa memahaminya," ujarnya pula.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Rahmat Lasmono mengatakan, kegiatan bursa inovasi nagari menindaklanjuti Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 83 Tahun  2017, tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

"Kegiatan pameran diikuti 400 peserta, terdiri dari OPD, camat, wali nagari, Bamus, tim pengelola inovasi nagari, dan pendamping nagari," katanya.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovatif Nagari ini bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk matrix ide-ide kreatif, dan  audio visual yang lahir dan berkembang di nagari

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: