31 Agustus 2017

-

Temu Ramah dan Silaturrahmi dengan Perantau Palembayan ( Malaysia & Indonesia) dengan Tema “ Mampaharek Silaturahmi antaro rantau jo kampuang halaman”

-

Melepas Pawai Takbiran dalam Rangka Menyambut dan Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438 H/2017 M

» jadwal kegiatan lainnya

Sabtu, 21 Oktober 2017 / 30 Muharram 1439 H
Berita Detil

Rabu, 05/07/2017  12:30 WIB

Bupati Agam Apresiasi “Alek Gadang” Pulang Basamo Magek Saondoh

BupatiAgamApresiasiInovasiYangDilahirkanTNI.jpg

Bupati Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mengapresiasi alek gadang, pulang basamo Magek Saondoh, perantau Kenagarian Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Masyarakat ranah dan rantau tumpah ruah di kantor Wali Nagari, Magek, Kamis (29/6).

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Ade Rizki Pratama, ninik mamak alim ulama, Cadiak, padai. Pada momen itu tidak tidak disiasiakan untuk saling, memperkuat hubungan kekeluargaan, saling berjabat tangan, sapa. Dalam acara ini juga di berikan beragam hadiah kepada masyarakat. Tidak lupa Bupati menyumbang lagu pada momen itu.

 

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, sinergi masyarakat ranah dan rantau merupakan salah satu sumber energi dalam mendorong pembangunan. Diperlukan kekompakan, sa danciang bak basi, saciok bak ayam, saiyo sakato, dan masyarakat Magek sudah mencontohkan spirit itu dengan sangat baik.

 

" Agama mengajarkan bagaimana, kita dianjurkan untuk menghubungkan silaturahim, antara badunsak, bertetangga, sosial, begitu juga hubungan masyarakat di kampuang jo dirantau. Apa yang telah dilakukan masyarakat Magek adalah cerminan masyarakat sangat agamais," jelasnya.

Anggota DPR RI Ade Rizky Pratama, mengatakan, pulang saondoh merupakan salah satu tradisi bagi masyarakat Nagari Magek. Rasa persaudaraan masyarakat dan kebiasaan yang positif terus dipertahankan masyarakat secara turun temurun.

 

" Kami sangat bahagia tentunya bisa bertegur sapa dengan masyarakat pada kesempatan lebaran ini. Perantau banyak yang pulang, seperti dari Jakarta, Medan, Surabaya, Pekanbaru, dan daerah lainnya," jelas Rizky.

 Disajikan Oleh : Dinas Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: