Kamis, 23 Maret 2017 / 24 Jumadil Akhir 1438 H
Berita Detil

Jumat, 17/03/2017  09:44 WIB

Penguatan SiDa Wujudkan Masyarakat Agam Yang Sejahtera

PenguatanSiDaWujudkanMasyarakatAgamYangSejahtera

Penguatan sistem inovasi daerah (SiDa) Wujudkan masyarakat Agam yang sejahtera, ungkap Bupati Agam, Indra Catri Datauak Malako Nan Putiah saat membuka sosialisasi di aula Bappeda Agam, Selasa (14/03).

 

Dalam sambutannya Bupati Agam menyampaikan agar daya saing ekonomi dan ekonomi kreatif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik perlu adanya suatu  inovasi dalam pembangunan.

 

" Inovasi dapat dilakukan dalam berbagai hal seperti menemukan cara baru, objek baru,

teknologi baru, penemuan baru dan pengetahuan baru untuk itu dibutuhkan sebuah kreativitas. Kreativitas yang dibutuhkan pada saat ini harus inovatif, imajinatif dan inspiratif.

 

Inovasi tersebut untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Agam yang sejahtera perlu dilakukan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berkelanjutan, dan berkeadilan.

 

Salah satunya dengan  meningkatkan daya saing ekonomi daerah serta menumbuhkembangkan ekonomi kreatif di tengah – tengah masyarakat.

 

“Kita perlu inovasi dalam pembangunan yang secara komprehensif berkolaborasi dengan seluruh sektor pembangunan, sehingga daya saing ekonomi dan ekonomi kreatif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujarnya.

 

Indra Catri menambahkan, sistem inovasi saat ini sangat dibutuhkan di Kabupaten Agam, mengingat berbagai persoalan di bidang ekonomi yang semakin kompleks diantaranya, karakteristik pasar yang dinamis, kompetisi global yang semakin ketat, kecenderungan membentuk jejaring, posisi tenaga kerja dengan upah tinggi serta rendahnya jiwa kewirausahaan masyarakat.

 

Beberapa inovasi yang telah dilaksanakan yakni, Agam Menyamai, Thaharah Mesjid, Gerakan WC Bersih, Magrib Mengaji, Festival Ramadhan, Ikhlas Membayar Zakat, Jamkesda dan beberapa inovasi dibidang informasi dan teknologi. Saat ini Agam juga sedang mengembangkan e-planning, e-budgetting dan e-commerse.

 

Kedepan dengan sistem inovasi daerah diharapakan dapat mengatasi berbagai persoalan tersebut, serta menciptakan sinergi antara lembaga penelitian dan pengembangan (perguruan tinggi), dunia usaha dan pemerintah menuju era ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi,” harap Indra Catri.

 

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri, ketua Komisi II DPRD Agam, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD terkait, narasumber dari Universitas Andalas ( UNAND ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), camat dan walinagari se Kabupaten Agam

 Disajikan Oleh : Bagian Hubungan Masyarakat
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: