Kamis, 24 April 2014 / 23 Jumadil Akhir 1435 H
Berita Detil

Kamis, 07/03/2013  20:18 WIB

LPTQ Agam Laksanakan Rakerda

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Agam, melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) selama dua hari mulai tanggal 8 s.d 9 Maret 2013 bertempat di Hotel Parai Mountain Resort .

Pengurus LPTQ Kabupaten Agam Khairul Koto, S. Sos mengatakan, Rakerda ini dilaksanakan untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an, peningkatan kualitas kelembagaan, evaluasi kegiatan serta pemantapan program kerja dan  pesertanya pengurus LPTQ kecamatan, kepala  KUA,
pengurus LPTQ Kabupaten Agam serta pihak terkait lainnya.

Rakerda LPTQ ini sangat penting dilaksanakan karena salah satu agenda utamanya akan membicarakan persiapan Kafilah Kabupaten Agam mengikuti MTQ nasional ke 35 tingkat Proinsi Sumatera Barat yang diperkirakan pelaksanaannya pada bulan Oktober 2013 yang akan datang di Kabupaten Pasaman Barat selaku tuan rumah penyelenggara.

Mengenai tupoksi LPTQ, LPTQ Kabupaten Agam mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan dan musabaqah tilawatil Qur’an, meningkatkan pemahaman Al-Qur’an melalui penterjemahan penafsiran, pengkajian dan klasifikasi ayat-ayat, serta meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok dan usaha-usaha tersebut, LPTQ mempunyai berfungsi menjabarkan program umum dan melaksanakan evaluasi melalui Rakerda serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dan pengambilan keputusan yang dianggap perlu dalam rangka pencapaian tujuan, tugas pokok dan program LPTQ ke depannya.

Khairul meyakinkan pelaksanaan Raker LPTQ tahun ini akan berlangsung alot dan membutuhkan energi dalam melahirkan pokok-pokok pikiran dan kebijakan terutama dalam mensiasati perubahan ketentuan dokumen pendaftaran dan ketentuan umur pada setiap golongan yang akan diperlombakan dalam MTQ Nasional Ke 35 nantinya.

Hal ini sejalan dengan keputusan Musyawarah Nasional LPTQ XIII di Bangka Belitung (Babel) pada 1-3 Desember 2010, yang menghasilkan ketetapan tentang perubahan ketentuan umur pada beberapa golongan MTQ, seperti tartil, anak-anak, remaja, cacat netra, dewasa, qira`at, syarhil qur`an, fahmil qur`an dan hifzh qur`an. Selain itu dokumen seleksi administrasi peserta juga terjadi penambahan seperti peserta harus dilengkapi dengan Kartu Keluarga (KK), Ijazah, serta Akte Kelahiran yang dilegalisir.

Ketentuan terbaru ini sudah diberlakukan pada MTQ nasional tahun yang lalu, sementara Kafilah MTQ Kabupaten Agam yang telah mempersiap Qari dan Qari’ah terbaik I pada MTQ nasional ke 35 tingkat Kabupaten Agam pada Juli 2012 di Kecamatan Canduang, belum berpedoman kepada ketentuan terbaru yang akan diberlakukan pada MTQ nasional ke 35 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Pasaman Barat nantinya.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam

 Disajikan Oleh : Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika
Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: